11 January 2016

Tips Menjadi Penulis Bestseller

   Halo gays , kali ini mimin pengen berbagi tentang Tips Menjadi Penulis Bestseller. Mungkin banyak dari kita kagum dengan karya-karya luar biasa dari penulis seperti J.K. Rowling (Harry Potter) , Suzanne Collins ( Hunger games ) dan masih banyak lagi. Bagaimana sih cara mereka bisa membuat sebuah cerita yang dapat membuat sejuta lebih umat di dunia menjadi terpukau ? Mimin yakin banyak sekali di Indonesia yang memiliki bakat untuk menulis tapi ragu untuk memulai menulis. Jujur mimin sendiri juga sangat ingin menulis sebuah cerita dan dari itu semua mimin mencari tau gimana sih biar kita bisa menjadi penulis hebat seperti mereka, Nahh dari itu semua mimin pengen barbagi Tips Menjadi Penulis Bestseller yang udah mimin kumpulin.




 Banyak  Baca



Banyak Baca
Sumber : www.rinagu.com

 Jadi untuk menjadi seorang penulis Bestseller kita harus banyak baca terlebih dahulu. Untuk apa ? ya untuk memperbanyak referensi, kosakata,ide , dan lain-lain. Semakin banyak kita membaca akan semakin banyak ide-ide yang bertabrakan di pikiran kita bahkan ketika naik angkot dan di kamar mandi. Jangan pernah remehkan baca buku, seperti yang banyak orang bilang Buku adalah jendela dunia tapi bagi seorang yang ingin menjadi penulis BestSeller buku harus dijadikan harta karun karena itu adalah senjata kita menciptakan tulisan spektakuler. Jadi langkah pertama " Banyak Baca ".







Bawa Catatan


Sumber : www.becomingminimalist.com
  
Tips yang kedua adalah bawalah sebuah buku kecil kemanapun kalian pergi, karena siapa tau ide yang bakalan membuat kalian menjadi seorang penulis profesional datang tiba-tiba. Mimin sendiri pernah nemuin ide dan menurut mimin itu menarik tapi mimin berusaha inget-inget aja ehhhhhh malah lupa, kesel banget. Jadi bawalah sebuah catatan dan jangan berusaha mengingat-ingat ide yang muncul tiba-tiba karena pasti bakalan lupa.





Lakukan Riset 

Jika kita ingin menjadi seorang penulis Bestseller jangan cuma hanya dengan riset yang dangkal karena ketika kita tidak melakukan riset tulisa kita kurang dalam dan kurang bisa membuat seseorang untuk tertarik membaca tulisan kita. Misal : kalian menulis tentang indonesia, berarti kalian harus menulis daerah mana ?? klultur dan budayanya bagaimana ?? tempat-tempat menariknya bagaimana dan dimana ??. ketika kita telah melakukan riset hasil tulisan kita akan lebih dalam dan lebih menarik untuk di baca. Seperti kalian pernah tau beberapa penulis rela pergi ketempat yang jauh hanya untuk melakukan riset, tapi mimin bulum seprofesional mereka , mimin cuma ngandelin google sebagai sumber riset hehehe.



Ide Pertama adalah Jelek
 
Sumber : www.business2community.com

  Lho kok jelek ?? tenang-tenang maksutnya bukan idenya yang jelek tapi cuma belum sempurna aja. Kita tau bahwa ide biasanya tiba-tiba saja datang dan itu menurut kalian udah keren abis tapi coba deh kalo kalian stop menulis dan besok kemudian baca lagi tulisan kalian pasti kalian bakalan melakukan banyak revisi dan pengembangan. Nahh jadi jangan langsung puas dengan hasil tulisan pertama kita, mimin yakin para penulis-penulis terkenal tidak henti-hentinya untuk melakukan revisi dan pengembangan pada tulisannya ketika mereka menulis.







Menulis secara teratur

www.ukm.my


Menulis itu juga butuh latihan, usaha dan kerja kerja keras. Untuk menjadi Penulis Bestseller itu tidak akan mudah makanya kita butuh latihan untuk menulis. Mungkin sebenernya permasalahan setiap orang adalah susah untuk memulai tapi kalo udah mulai malah susah berhentinya hahaha. Menulis secara teratur berguna untuk meningkatkat pengalaman menulis semakin berpengalaman kita rasanya dalam menulis itu udah kaya gerak sendiri tangannya. Makanya luangin waktu tiap hari minimal 10 menit buat nulis.

Yakin Dengan Karya

Ketika ketika menciptakan suatu karya itu seperti kita memiliki seorang anak yang harus kita bangakan dan menjadikan dia lebih baik lagi. Kita harus yakin bahwa karya yang kita buat adalah karya yang telah tercipta dari semua yang kita bisa. Janganlah takut orang menilai karya tulis kalian itu jelek seperti kata orang tua jaman dulu * Hasil tidak akan menghianati Usaha * . Kalo perlu jadikan semua komentar,cacian,keritikan sebagai motivasi.

Just do it 

yap langsung nulis aja, janganlah ragu hanya karena kekurangan ilmu atau pengalaman. Sebenernya menulis adalah curahan hati jadi biarkan mengalir. Nahhh setelah selesai baru kita perbaiki dari penambahan diksi, pembenaran EYD, pendalam cerita, dll. Intinya janganlah banyak cingcong langsung sikat aja itu adalah salah satu kunci sukses yang mimin dapet.


Bertanyalah

Sumber : ayahnabil.wordpress.com

Nahhhh untuk para penulis awam(kaya mimin) bertanya adalah kunci kesuksesan. Janganlah kalian ragu dalam bertanya kepada orang yang lebih pro dari pada kita. Cobalah ikuti forum-forum menulis untuk menikatkan kemampuan menulis kalian. 


Yahhh begitulah beberapa Tips Menjadi Penulis Bestseller. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang mempunya keinginan untuk menjadi seorang Penulis. Sukses untuk Penulis Indonesia.







REGARDS


Mimin Fahriza_Zendra

No comments:

Post a Comment